Tuesday, July 9, 2013

Tips Marketing Untuk Usaha Anda

Ada teman yang bertanya: "bagaimana strategi marketing yang baik untuk usaha masa kini. Untuk menjawab pertanyaan ini saya mencoba menguraikan beberapa hal yang dapat membantu teman-teman.
1. Produk yang kita tawarkan harus ada nilai tambah untuk konsumen.
Produk/Jasa yang kita tawarkan harus memiliki nilai tambah yg lebih di banding milik para pesaing. Di era sekarang ini pun konsumen memiliki banyak informasi untuk menentukan pilihannya. Hal ini merupakan tantangan bagi para marketing dan produsen atau pebisnis karena pesaing semakin banyak. Salah satu strategi yang perlu dilakukan adalah membuat produk yang memiliki nilai tambah atau kelebihan dibanding pesaing yang sudah ada. Sehingga konsumen ketika mengambil keputusan mengambil (membeli) produk kita tidak merasa dirugikan.
2. Ciptakan pelayanan, yang memuaskan pelanggan
Sebuah pelayanan yang berkualitas ke konsumen merupakan salah satu prinsip penting yang harus diketahui. Mengapa pelayanan penting? Hal ini dikarenakan konsumen akan datang kembali jika konsumen tersebut merasa puas atas layanan yang sudah diberikan penjual. Ketika konsumen datang kembali maka konsumen tersebut adalah konsumen yang setia.
"Barang siapa bisa memberikan produk dengan KUALITAS yang diinginkan konsumen, di SAAT yang tepat bagi konsumen dengan HARGA yang sanggup dibayar oleh Konsumen dialah yang akan mampu menguasai PASAR" -JohnC. Maxwell-
3. Mulailah membuka penjualan secara online
Melihat pertumbuhan Internet yang sangat signifikan, sudah saatnya para pengusaha harus berani jualan melalui online atau toko online. Karena sekarang sudah didukung dengan banyak kemudahan akses internet serta perangkat mobile yang semakin berkembang canggih, sehingga tidak lama lagi persaingan secara global yang tidak akan terbatasi oleh ruang dan waktu, maka para pengusaha harus segera berani memanfaatkan fasilitas internet. Data terakhir Internet World Stats 2012, pengguna internet di Indonesia sudah melampaui 63 juta pengguna.
Tips untuk rekan-rekan UKM adalah, mulai bangun channel penjualan secara online, karena selain berbiaya murah, penjualan melalui online memiliki potensi yang sangat besar,
4. Memaksimalkan Promosi sebagai sarana komunikasi via social media 
Sebuah survei yang diselenggarakan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2012 mencapai 63 juta orang. Tahun 2013, angka itu diprediksi naik sekitar 30 persen menjadi 82 juta pengguna dan terus tumbuh menjadi 107 juta pada 2014 dan 139 juta atau 50 persen total populasi pada 2015. Jumlah yang tidak sediki ini menjadi potensi yang besar untuk rekan-rekan yang ingin memasarkan produk dan jasa tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Bagaimana caranya? Bangun follower/fans dengan konten yang bermanfaat, jangan melulu jualan serta rajinlah berinteraksi dengan follower/fans. Content & Conversation menjadi dua kata ampuh membangun strategi di social media. Harapannya adalah kekuatan social media akan membangun konsumen yang loyal serta komunitas pengguna secara online maupun offline.

No comments:

Post a Comment