Monday, July 8, 2013

PRINSIP DASAR MENDONGKRAK PENJUALAN.


Apa pun produk dan usaha anda, peranan marketing adalah salah satu bagian yang sangat menentukan kesuksesan perusahaan anda.Berikut ini adalah beberapa prinsip dasar penjualan yang penting untuk mendongkrak kinerja bisnis:
1. Fokuskan pada pelayanan, bukan penjualan saja
#Orang yang bekerja mencari uang akan dituntut memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya, tetapi orng yang memberikan pelayanan terbaik akan dicari dan diikuti uang.#  Quote diatas menunjukkan betapa pentingnya pelayanan pada konsumen dalam suatu usaha. Mengapa pelayanan penting? Hal ini dikarenakan sebuah pelayanan dapat membuat konsumen merasa dihargai dan merasakan kepuasan. Karena kepuasannya maka konsumen akan datang kembali. Ketika konsumen datang kembali maka konsumen tersebut adalah konsumen yang setia.
2. Jelaskan manfaatnya atau keunggulan produk anda.
Bagi para pemasar yg menggunakan sarana online atau web, seringkali membuat penawaran atau memperkelnalkan produk mereka secara online dengan berbagai fitur dalam website mereka. Sangat baik bila selalu dijelaskan manfaatnya membeli produk anda, sehingga konsumen atau pelanggan anda akan membeli produk anda atas dasar manfaat apa yang akan diperolehnya.
3. Lakukan promosi secara terus menerus
Promosi merupakan salah satu strategi penting untuk memperkenalkan suatu produk kepada konsumen. Bahkan dengan promosi yg secara terus menerus dalam waktu yg lama mampu menanamkan kedalam otak bawah sadar para konsumen maupun calon konsumen Mustahil konsumen tahu produk kita jika kita tidak melakukan promosi. Kita bisa melakukan strategi promosi melalui media online atau media offline. Salah satu contoh adalah perusahaan rokok, sepintas kita anggap tidak masuk akal dan tidak perpengaruh. Ternyata Iklan-iklan rokok sangat berhasil mempengaruhi konsumennya.
4. Buatlah target penjualan
Dalam setiap kegiatan bisnis yang profesional selalu akan menetapkan target yang akan dicapai sebagai ukuran sukses tidaknya kinerja usaha. Salah satu langkah untuk mendongkrak kinerja bisnis adalah menetapkan target penjualan, sebagai acuan penting bagi pebisnis untuk memantau perkembangan kinerja kesuksesan bisnis dalam suatu periode tertentu. Target penjualan ini juga dapat menjadi motivasi bagi kita untuk mengejar target serta menerapkan strategi-strategi agar target penjualan tercapai.
5. Menjaga Kualitas Produk

Konsumen akan datang kembali jika konsumen tersebut merasa puas. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu tujuan penting ketika kita menjalankan suatu bisnis. Kepuasan konsumen akan sangat ditentukan oleh kualitas layanan dan kualitas produk kita. Harapan dari terbentuknya kepuasan pelanggan tidak hanya untuk membuat konsumen datang kembali membeli produk kita, melainkan juga diharapkan para konsumen merekomendasikan produk kita ke orang lain.

No comments:

Post a Comment